Pages

Jumat, 09 Agustus 2013

lost in bandwith

dunia internet atau dunia maya sepertinya sudah mulai menjadi dunia dimana mereka yang gak punya kekuatan didunia nyata jadi mencari kekuatannya di dunia maya. kebanyakan mereka lebih show off didunia maya daripada di dunia nyata. lihat saja beberapa penelitian pakar pakar diluar sana yang paling baru adalah penelitian tentang instagram dimana media sosial tersebut lebih ke sarana pamer. mereka seakan merasa bahwa orang diluar sana harus tahu apa yang dia miliki atau lakukan. simpel itu karena mereka susah untuk melakukannya didunia nyata. contoh jika mereka makan di restoran A dengan memilih hidangan paling mahal atau hidangan yang paling ngetren saat ini. lebih mudah pamer dengan di foto kemudian diupload daripada mereka harus bawa ke kampus atau ke kantornya dengan resiko makanan itu tidak bisa dinikmati sendiri.

jika kita kembali ke beberapa tahun sebelum internet ngetren ya mungkin jaman sebelum friendster booming. internet juga memang dikuasai oleh kaum "nerd" dimana mereka memang hampir anti sosial, cenderung aneh dan kurang sekali pergaulan didunia nyata tapi tata krama mereka masih terbilang manusiawi. kebanyakan mereka memang ingin berbagi pada sesama, hal ini masih terlihat dibeberapa user forum seperti IDWS dan forum lain kecuali kaskus. kaskus untuk saat ini juga sama dihuni oleh beberapa user labil yang seenaknya sendiri mengunakan internet.

untuk contoh lain bahwa mereka yang kurang kuat didunia nyata bisa jadi terkenal adalah beberapa selebtwit yang kerjanya hanya menyindir dan berbagi kegalauan. taulah sendiri siapa mereka yang jelas jika kita semakin mengikuti tren dunia maya sekarang maka dampaknya sangat menakutkan. mungkin penurunan mental percaya diri bisa jadi hal pertama yang terkena dampaknya.

mulai dari sekarang mari berdayakan gerakan "logout and go outside" untuk memperbaiki kualitas sosial kita. kembali menjadi manusia sosial seperti yang diajarkan guru sekolah dasar kita dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar